Kursi Gaming Murah vs Mahal: Ini 8 Perbedaannya
kursi gaming murah

Bicara harga, pasti ada pikiran untuk membeli kursi gaming murah. Tapi apakah sudah sepadan dengan apa yang nanti didapat? Atau mending beli yang mahal sekalian? Kalau kamu seorang gamer yang seharian bisa di depan PC untuk, ada baiknya harus berpikir 2 kali sebelum membeli.

Oke kamu beli kursi gaming murah. Jelasnya kamu tidak dapat berharap banyak dibandingkan dengan yang harganya jauh lebih mahal. Tapi apakah kamu pernah berpikir, jika kursi gaming ini nantinya akan dipakai setiap hari. Apakah yang harganya murah bakal awet?

Kalau soal fitur pastinya yang mahal lebih lengkap. Apakah kamu sudah mempertimbangkan poin itu juga? Jadi bingung kan? Hehe…

Oke, agar lebih sreg lagi, coba simak perbedaan kursi gaming murah dengan mahal di artikel ini. Semoga bisa membuatmu lebih mantap lagi memilih.

Ini Dia 8 Perbedaan Jenis Kursi Gaming Mahal dan Murah yang Perlu Diketahui

Sebagaimana yang telah dijelaskan di atas, kursi untuk main game ini tak hanya sekedar untuk gaya-gayaan saja, tapi juga sangat berpengaruh untuk kesehatan tubuh. Kursi untuk gamer ini sangat bermanfaat untuk menjaga postur tubuh tetap dalam keadaan yang ideal.

Hal ini dikarenakan terdapat bantal sandaran untuk leher dan punggung yang bisa menyangga bagian tubuh Anda saat duduk dalam waktu yang lama. Dengan begitu tubuh kamu tak akan mudah merasa pegal dan lelah meskipun bermain game seharian. Jenis kursi untuk main game ini bervariasi. Ada yang murah ada juga yang mahal. Ada yang harganya di bawah 1 juta, ada juga yang di atas 6 juta rupiah. Berikut adalah perbedaan kursi gaming yang murah dengan yang mahal:

  1. Kenyamanan dalam posisi duduk

Kursi gaming memang memiliki pilihan variasi yang berbeda-beda. Bagi kamu yang lebih memilih kursi yang lebih murah memang tidak menjadi masalah karena itu pilihan pribadi. Namun jika kamu belum memiliki kursi gaming, maka perlu mengetahui perbedaan antara kursi yang mahal dengan yang murah, karena ada harga tentu ada kualitas.

Perbedaan yang pertama adalah dilihat dari kenyamanannya. Kursi yang dibandrol dengan harga murah tentu memiliki kenyaman yang berbeda dengan yang mahal. Biasanya kursi gaming dengan harga murah tidak memiliki posisi duduk yang nyaman. Selain itu fiturnya juga terbatas.

Kursi gaming tersebut juga cenderung lebih terlihat seperti kursi kantor. Kursi yang tidak memiliki bantal sandaran akan menyebabkan punggung terasa mudah panas karena tidak ada ruang untuk punggung. Sedangkan kursi yang mahal dilengkapi dengan bantal yang empuk dan nyaman untuk menyangga leher dan pinggang. Dengan begitu seberapa lamapun kamu bermain game, tidak akan merasa cepat pegal.

kursi gaming murah

  1. Kualitas bahan yang digunakan

Perbedaan lainnya adalah dari segi kualitas bahan yang digunakan. Kursi yang dirancang untuk gamer berbujet tinggi memiliki kualitas bahan yang sangat bagus dan berkelas, sehingga kenyamanan saat menggunakannya akan sangat terjamin. Kualitas bahan yang berkualitas tentu akan sangat berdampak ketika digunakan.

Berbicara mengenai bahan, yang dimaksud adalah kain pelapis kursi gaming dan material busa. Untuk kain pelapis, material yang biasa digunakan adalah PU Leather dan kain. Untuk PU Leather, bisa dibilang teksturnya mirip seperti kulit buatan. Kelebihannya adalah mudah dibersihkan (misalnya jika terkena tumpahan air). Sedangkan untuk bahan kain, dapat menyerap keringat.

Kemudian untuk material busa, kursi gaming yang mahal pasti dilengkapi dengan material busa berkualitas tinggi yang sangat empuk dan tidak akan kempes serta dapat kembali ke bentuk asal ketika diduduki dalam waktu yang lama.

Sedangkan kursi gaming yang murah dibuat dengan material yang memiliki kualitas standar. Hal ini dilakukan untuk menekan harga dari kursi. Jadi jangan harap kamu menemukan kualitas yang sama seperti pada kursi gaming mahal.

Baca Juga: 7 Tips Jitu Memilih Kursi Gaming

  1. Variasi model kursi

Selain bahan atau material yang digunakan, perbedaan lainnya bisa dilihat dari variasi model yang digunakan. Kursi gaming yang mahal tentu memiliki desain yang lebih banyak dan bervariasi. Pilihan warna dan modelnya dirancang semenarik mungkin untuk menciptakan kenyamanan yang tinggi.

Setiap komponen-komponennya sangat diperhatikan karena dibuat khusus untuk kenyamanan tinggi dan juga tentu harus kokoh. Sementara kursi yang murah, model-modelnya sangat terbatas dan tidak banyak variasinya (bahkan hanya satu). Modelnya juga hampir sama seperti kursi-kursi yang biasa digunakan di kantor-kantor.

Biasanya variasi model kursi juga berhubungan dengan variasi warna. Jika sebuah kursi gaming memiliki beberapa variasi model, tentunya memiliki nilai plus karena kamu memiliki lebih banyak opsi daripada hanya memiliki opsi satu dua saja.

Onex GX3 Ergonomic Gaming Chair

  1. Pilihan variasi warna

Pilihan warna kursi gaming yang murah juga tidak sebanyak dan semenarik kursi yang dipatok dengan harga mahal. Bahkan untuk kursi gaming dengan harga yang murah (di bawah 1 juta rupiah) cenderung memiliki variasi warna yang monoton seperti warna hitam, cokelat, dan warna gelap lainnya.

Sedangkan untuk kursi dengan harga yang mahal memiliki variasi warna-warna yang menarik dan banyak pilihan. Terdapat warna hitam kombinasi merah, kombinasi biru, hijau, kuning, dan masih banyak lagi warna menarik lainnya. Bahkan beberapa produsen kursi gaming memungkinkan kamu untuk menambah style personal dengan membordir bagian sandaran punggung dengan namamu.

kursi gaming murah

  1. Pengaturan posisi lengan

Perbedaan berikutnya adalah terlihat dari pengaturan posisi lengan pada kursi, tepatnya pada armrest atau sandaran lengan. Kursi gaming yang mahal memiliki armrest yang ketinggiannya dapat diatur. Dengan begitu posisi lengan dapat sejajar dengan pergelangan tangan. Hal ini dapat mencegah munculnya kondisi Carpal Tunnel Syndrome (CTS).

CTS bisa muncul karena syaraf pada pergelangan tangan terhimpit karena menjadi tumpuan saat tangan menggerakkan mouse. Jika posisi lengan lurus dengan pergelangan tangan, maka lengan akan membantu pergelangan tangan untuk menjadi tumpuan. Serem juga cuy kalau kita kena CTS, bisa-bisa absen ngegame lho!

  1. Fitur

Kursi gaming mahal pastinya beda dari segi fitur juga. Fitur yang ditawarkan seperti sandaran yang dapat direbahkan (bahkan ada yang sampai 180 derajat), roda yang tidak berisik saat kursi digeser, armrest yang dapat diputar hingga sudut tertentu, pastinya tidak akan ditemui di kursi gaming murah.

Semakin mahal harga kursi, tentu ragam jumlah fitur yang ditawarkan juga semakin banyak. Fitur ini tentu menjadi poin tambahan, karena beberapa diantaranya justru membuat kursi semakin nyaman digunakan.

Rata-rata tiap kursi gaming menawarkan fitur yang kurang lebih sama, tapi ada beberapa diantaranya yang menawarkan fitur lain daripada yang lain. Seperti misalnya kursi gaming ONEX GX3 yang menawarkan fitur silent wheel, mengartikan roda tidak akan berisik saat kursi digeser-geser, walaupun kamu sedang duduk di atasnya.

kursi gaming murah

  1. Daya tahan penggunaan kursi

Kursi gaming dengan harga mahal tentu memiliki kualitas tinggi dan tahan lama, dalam hal ini lebih kokoh. Kebayang kan kalau lagi hot-hotnya ngegame sampai hampir lompat-lompat terus kursi kamu ambrol, hehe…

Kursi yang berkualitas (mahal) pasti mampu menahannya. Kalau badan kamu termasuk besar, tentu kursi juga harus mampu menahan bobotmu. Selain itu kursi juga harus kokoh dan tidak ringkih untuk menahan berbagai gerakan. Contohnya adalah kursi gaming Sades Dorado yang dapat menahan bobot tubuh hingga 150 kg.

Selain itu yang juga harus diperhatikan adalah kualitas pegas dari kursi. Sebuah kursi gaming yang berkualitas rata-rata dilengkapi dengan pegas berkualitas tinggi yang fungsinya untuk mengatur ketinggian dari kursi. Kualitas dari pegas ini harus baik karena bisa dibilang merupakan komponen yang vital karena sebagai penghubung antara roda dengan kursi.

Sades Dorado Gaming Chair

  1. Tampilan yang lebih sporty

Perbedaan menonjol lainnya adalah kursi gaming yang mahal memiliki tampilan yang lebih sporty. Sekilas jika dilihat tampilannya mirip dengan jok pada mobil balap. Selain itu warna yang ditawarkan pun juga berwarna-warni dengan kombinasi warna yang menarik.

Poin ini juga termasuk penting juga lho, apalagi untuk gamer yang mementingkan tampilan. Biasanya warna seluruh hardware gaming-nya seragam, jadi penting bagi sebuah kursi gaming untuk memiliki pilihan warna dan tongkrongan yang keren, apalagi kalau pas foto rig lengkap dipamerin bareng kursi, hehe…

Dari penjelasan artikel di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa menggunakan kursi gaming bukan semata-mata untuk terlihat gaya saja, tapi juga diperlukan untuk mengatur posisi duduk yang benar. Hal ini dikarenakan posisi duduk sangat mempengaruhi kesehatan tubuh terutama untuk bagian punggung.

Baca Juga: Pakai Kursi Gaming Tapi Masih Lelah? Ini Solusinya

Tubuh yang sering duduk dengan posisi yang salah dalam waktu lama akan menyebabkan penyakit yang serius dan membahayakan kesehatan. Maka dari itu bagi kamu yang seorang gamer, jangan lupakan komponen atau perangkat game yang penting dan menunjang untuk kesehatan, karena seringnya kita bermain game hingga lupa waktu.

Harga dari kursi game yang berkualitas tinggi memang lebih mahal, namun hal tersebut tentu sangat sesuai dengan performa, fitur dan tampilan yang diberikan. Selain itu kesehatan badan kamu pun lebih terjamin karena kursi telah didesain semaksimal mungkin untuk menopang badan, khususnya pada bagian penting seperti kepala, bahu, punggung, pinggang, hingga lengan.

Jadi harga boleh mahal, tetapi setidaknya kursi gaming tersebut dapat awet digunakan dalam waktu lama. Jadi jangan dibayangkan mahalnya, tetapi bayangkan ini sebagai sebuah investasi. Bisa dibayangkan seperti ini: kita membangun sebuah PC gaming dengan harga mahal, tetapi dapat digunakan untuk bermain game dengan detail tinggi setidaknya untuk beberapa tahun. Hal ini juga berlaku untuk kursi gaming. Jadi, masih mau beli kursi gaming murah?

Share:

Leave a Comment

0

TOP

X